Kamis, 15 Juli 2010

Taufik : "Agustus Kalteng Bebas Pemadaman"

Menanggapi berbagai pertayaan dan reaksi dari lapisan masyarakat di Palangka Raya akhirnya Manager PT. PLN Cabang Palangka Raya, Taufik Eko angkat bicara.

Diungkapkan bahwa PLN tengah mengupayakan penambahan kapasitas di sistem Barito yang meliputi Banjarmasin, Barabai, Palangka Raya dan Kapuas sehingga dijanjikan wilayah Kalteng akan bebas pemadaman pada Agustus mendatang.

Melalui sistem Barito ini telah diupayakan penambahan daya sebesar 80 MW diantaranya PLTD Kapuas 10 MW yang mulai beroperasi November 2009, PLTD seberang Barito sebesar 30 MW yang beroperasi sejak Juni 2010, PLTD sewa Trisakti 20 MW, PLTD sewa Palangka Raya 9,6 MW.

Taufik meminta “Agar masyarakat bersabar karena PLN terus mengupayakan penambahan daya listrik.” Diungkapkan pula pemadaman yang dilakukan dalam beberapa minggu ini disebabkan adanya pemeliharaan jaringan serta sering terjadinya gangguan sistem kelistrikan Kalsel – Kalteng. Selain itu pemadaman juga bisa terjadi akibat faktor alam dan mesin PLTD Kahayan yang usianya sudah cukup tua sehingga diperlukan perawatan dan pemeliharaan secara berkala.

Taufik juga mengaku bahwa pihaknya tidak bisa memenui permintaan Gubernur Kalteng agar mesin di Palangka Raya bisa beroperasi secara terpisah sehingga mencukupi kebutuhan listrik di Palangka Raya hal ini disebabkan karena kebutuhan listrik di Palangka Raya masuk dalam sistem interkoneksi Kalselteng sehingga mau tidak mau harus mensuplay listrik ke sistem terebut.

Khusus untuk kelistrikan Palangka Raya saat ini hanya disuplai daya sebesar 15 mega watt diantaranya melalui PLTD Kahayan sebesar 5,4 MW dan sewa genset 9,6 MW sementara beban puncak mencapai 29,6 MW. Diharapkan pada Agustus 2010 pemadaman sudah bisa teratasi dengan penambahan daya melalui tambahan PLTD Kahayan sebesar 10 MW.

Sumber :
Kalteng Pos, 5 Juli 2010. Kalteng Pos, 7 Juli 2010.

Tidak ada komentar: